BUAT PARA ORANG TUA, MULAI SAAT INI BERHENTILAH MENGGUNCANG ATAU MELEMPAR-LEMPARKANNYA KE UDARA, AKIBATNYA BISA SANGAT FATAL! TOLONG SEBARKAN


Ada orang-tua yang mengasuh anak bayinya lewat cara melempar-lemparkan ke hawa lantas menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa. Atau mengguncang-guncangkan tubuh dan bahunya keras sambil berekspresi gemas. Bila anda kerjakan sekian, jadi berhentilah selekasnya. Jika saksikan orang lain berbuat demikian pada bayi mereka, cegahlah, lantaran sangat beresiko untuk badan bayi. 

Tahukah Anda? Satu tahun lebih waktu lalu nih teman dekat, ahli kedokteran mengidentifikasi satu jenis penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” Satu diantara pemicunya itu yakni guncangan pada badan bayi. Sangat mengagetkan kan.. 

Di Jerman, rata-rata sekitar 100 bayi tiap-tiap th. alami rusaknya kronis di otak karena mereka diguncang-guncang pengasuhnya. Laporan perihal angka itu berdasarkan pada sensus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memperkirakan angka bayi yang alami trauma dikarenakan diguncang-guncang, sesungguhnya lebih tinggi lagi. 

“Guncangan keras selama lima detik saja sudah cukup untuk menyebabkan rusaknya beberapa fungsi otak, ” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur asosiasi itu. ” 

Kenapa guncangan pada bayi bisa bermuara pada kematian? 

Menurut ahli kedokteran tadi, itu karena bayi yang masih tetap sangat muda belum bisa menahan kepalanya sendiri lantaran otot lehernya yang lemah. Menyebabkan, bila bayi terguncang tubuhnya, kepalanya akan bergoyang ke depan dan belakang. 

Goyangan itu yang mengakibatkan rusaknya otak serta pendarahan di dalam otak dan pada permukaan otak, hingga dapat mengakibatkan permasalahan serius pada otak sang bayi, dan dapat mengakibatkan permasalahan yang berjalan permanen, seperti : 

1. Rusaknya otak 
2. Cerebral pa*lsy 
3. Kebutaan 
4. Epile*si 
5. Kesusahan berbicara 
6. Kesusahan belajar 
7. Kesusahan koord*inasi 
8. Serangan jantung 
9. Keterbelakangan mental 

Tersebut disini banyak hal yang butuh dijauhi beserta panduan pencegahan : 

- Jangan sampai pernah mengguncang badan bayi di bawah umur 3 th., dengan argumen apa juga. 

- Saat Anda menggendong bayi anda, jangan sampai lupa selalu untuk menyokong kepala bayi anda dengan tangan. 

- Katakan utamanya membuat perlindungan kepala bayi Anda pada pengasuh bayi anda. 

- Yakinkan kebanyakan orang yang dekat dan kerap menggendong bayi anda kenali benar bahayanya seorang bayi bila diguncang-guncang atau digoyang. 

Pada sebagian orang anak bahkan dapat menyebabkan kematian. Itu dikenal dengan shaken-baby-syndrome. Mengapa memiliki resiko? 

Bayi memiliki kepala semakin besar di banding dengan anggota badan yang lain, dan otot lehernya tetap masih lemah. Bila diguncang, kepalanya akan tersentak ke depan dan ke belakang. Hentakan-hentakan ini akan mengguncang otak dan merusaknya. Pembuluh darah kecilnya akan turut rusak, menyebabkan penda*rah*an di otak dan sekitarnya, dan di mata bayi. 

Kemungkinan paling besar yakni pada bayi dibawah setahun, tetapi tidak tutup kemungkinan dapat berjalan di usia yang semakin besar. Yang perlu diwaspadai yakni guncangan-guncangan itu dapat berjalan malah saat kita asik bermain dengan sang bayi. 

Karenanya terdapat banyak permainan dan kesibukan yang butuh dijauhi untuk menghindarnya, salah satunya : 

1. Melempar bayi ke udara. 
2. Lari-lari sembari membawa bayi di punggung atau di kepala. 
3. Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki dan digoyang-goyang). 
4. Memutar bayi. 

Jangan sampai lupa mengingatkan beberapa orang di sekitar anda ya, sharing informasi itu agar terbaca oleh saudara, pengasuh, kakek-neneknya, juga tetangga tidak untuk mengguncang bayi.

Subscribe to receive free email updates: