TOLONG JANGAN ABAIKAN ARTIKEL INI !! WANITA HARUS TAU KAPAN K1S"TA JINAK BERPOTENSI MENJADI GANAS, INI PENJELASANNYA!


Umumnya kis*ta ovar*ium tidaklah beresiko. Namun, karena kemunculannya yang sering kali tidak terdeteksi bikin kis*ta ova*rium yang awal mulanya jinak bisa punya potensi jadi ganas.

Lantas, apa sajakah tanda-tanda satu kis*ta jinak yang punya potensi jadi ganas?

Ditulis alodokter. com Kis*ta ovar*ium adalah satu kantung diisi cairan yang tumbuh di indung te*lur (ova*rium). Umumnya ki*sta ova*rium tidaklah beresiko serta bisa menghilang dengan sendirinya tanpa ada perawatan khusus. Kemunculannya juga sering tidak dibarengi tanda-tanda.

Tanda-tanda baru dirasa saat kis*ta telah jadi membesar, pec*ah atau menutupi supply dar*ah ke ovar*ium. Apabila telah masuk step ini, Anda akan rasakan beberapa gejala seperti : perut kembung, sering buang air kecil, pergantian sikl*us men*stru*asi, mual, muntah, atau nyeri pa*yu*da*ra seperti waktu yang Anda rasakan waktu keha*milan, masalah pencernaan atau gampang kenyang walau sebenarnya Anda hanya makan sedikit, nyeri sebelumnya mens*trua*si tiba atau sebelumnya men*str*uasi usai, nyeri saat buang air besar, nyeri panggul waktu lakukan jalinan se*ksu*al,.

Beberapa jenis Kis*ta Ovar*ium

Biasanya, umumnya kis*ta ova*rium tidaklah berbentuk kanker. Kis*ta yang terkait dengan mens*tru*asi dimaksud kis*ta fungsional serta ada pada sekitaran 24 % masalah.

Kis*ta fungsional umumnya tidak butuh penyembuhan lantaran akan hilang sendirinya. 70 persen kis*ta ovar*ium punya potensi mengakibatkan penyakit tetapi jinak.

Paling akhir, tipe kis*ta ganas. Sekitaran 6 persen kis*ta yang diketemukan pada ov*ari*um yaitu ganas serta mempunyai sel kanker.

Ki*sta manfaatonal

Kis*ta tipe itu terdiri dua yaitu kis*ta folikel dan kis*ta korpus luteum. Kemunculannya adalah sisi dari sik*lus mens*tru*asi penderitanya.

Umumnya, kis*ta tipe itu tidak mengakibatkan rasa sakit serta akan menghilang dengan sendirinya dalam sebagian bln. lantas tanpa ada perawatan spesial.

Kis*ta jinak

Tidak sama dengan kis*ta fungsional. Kis*ta tipe itu tidak terkait dengan sik*lus me*nstru*asi. Tipe kis*ta jinak terdapat beberapa salah satunya yakni kis*ta derm*oid, kis*ta cystad*enoma, kis*ta endom*etrioma, dan lain sebagainya.

Setiap kis*ta jinak punya potensi berkembang jadi kanker ovar*ium. Oleh karenanya, biasanya diangkat lewat operasi atau diawasi dengan cara berkala lantaran ada yang dapat hilang tanpa ada perlakuan medis.

Kis*ta derm*oid cenderung berlangsung pada wanita muda. Kis*ta itu dapat menghilang dengan sendirinya apabila ukurannya masihlah kecil. Ki*sta tipe itu tidak sering berkembang jadi kanker.

Tidak sama dengan cysta*denoma serta endom*entrioma. Ke-2 tipe itu memanglah termasuk jinak. Tetapi, keduanya punya potensi memiliki sel kanker.

Kis*ta ganas

Ki*sta itu mempunyai kandu*ngan beberapa sel kanker yang menyebabkan kanker ovar*ium. Umumnya, kis*ta ganas terbagi dalam kis*ta jinak yang beralih jadi ganas lantaran terlambat untuk diobati.

Lantas Bagaimana Mendeteksi Ki*sta Ganas?

Ada tiga langkah yang dapat menolong Anda ketahui apakah kis*ta yang Anda punyai punya potensi mengakibatkan kanker atau tidak.

-Status men*opause : Seorang wanita yang telah meno*pause punya potensi lebih tinggi mempunyai kis*ta yang berbentuk kanker. Menopause didefinisikan sebagai berhentinya sik*lus men*str*uasi seseorang wanita. Umumnya hal semacam ini berjalan pada wanita berusia 50 tahunan.

Tes dar*ah CA-125 : Kandungan CA-125 pada seseorang pasien kanker ovar*ium biasanya tinggi. Anda punya potensi mempunyai kis*ta yang berbentuk kanker bila kandungan CA-125 Anda tinggi. Namun, ini tidak dapat jadi hanya satu Kandungan CA-125 seseorang wanita dapat juga bertambah waktu ia men*stru*asi, hamil, atau mempunyai kis*ta jinak.

-Ultras*onografi atau USG : Langkah tersebut bisa dipakai untuk mendeteksi type, ukuran dan letak. Sepanjang kontrol, dokter bakal meletakkan alat USG pada perut Anda dan selama ini isi rongga panggul Anda dapat terlihat disuatu monitor monitor.

Anda tidak bisa memakai satu langkah saja untuk mendeteksi apakah ki*sta berbentuk kanker atau tidak. Ketiga hal diatas butuh diperhitungkan dengan cara berbarengan untuk memastikan langkah perlakuan yang pas untuk kis*ta Anda.

Kerjakan kontrol teratur untuk tahu perubahan ki*sta Anda.

Subscribe to receive free email updates: