JANGAN ABAIKAN INFO INI JIKA TIDAK MAU MENYESAL(((((( 5 ANGKA PENTING UNTUK KESEHATAN ))))


Beberapa penyakit kritis memanglah di turunkan dalam keluarga. Tetapi, umumnya aspek resiko penyakit kritis datang dari pola hidup tidak sehat, seperti m e r o k o k, pola makan tidak seimbang serta kurang kesibukan fisik. 

Tahu dan memonitor lima angka utama berikut ini, yang diambil dari Eka Hospital BSD, bisa menolong Anda ambil langkah mencegah, hingga terlepas dari bahaya penyakit-penyakit kritis, serta bikin kwalitas hidup jadi tambah baik. 

1. Tekanan darah 
Tujuan normal : Dibawah atau setara 120/80mmHg 

Menurut Joint National Committee 7thdan National Heart, Lung and Blood Institute, bila desakan darah Anda ada diantara 120/80mmHg – 139/89mmHg, jadi Anda alami pra-hiper*tensi, yang bakal tingkatkan resiko Anda terserang hiper*tensi (desakan darah tinggi). Serta saat desakan darah Anda setara atau kian lebih 140/90mmHg, jadi Anda juga berisiko tinggi terkena penyakit jantung serta stroke. 

Walau sekian, tekanan darah yang sangat rendah juga tidak senantiasa tambah baik, terlebih apabila telah dibawah 90/60mmHg, yang bermakna Anda terindikasi hipot*ensi atau desakan darah rendah. Keadaan ini bisa mengganggu sistem peredaran darah. Mengakibatkan, otak, ginjal serta paru-paru tak memperoleh supply darah yang memenuhi, hingga Anda dapat alami pusing, bahkan juga pingsan. 

2. Kolesterol 
Tujuan keseluruhan : Kurang dari 200mg/dl 

American Heart Association merekomendasikan LDL atau cholesterol jahat ada dibawah 100mg/dl, HDL atau kolesterol baik diatas 50mg/dl serta trigliserida dibawah 150mg/dl. Kolesterol tinggi mengakibatkan penebalan dinding arteri, yang bisa menyumbat peredaran darah. Lagi-lagi, penyakit seperti jantung serta stroke bisa menyerang Anda. 

3. Gula darah 
Tujuan : Dibawah 140mg/dl (pada saat) ; Dibawah 100mg/dl (puasa) 

Bila gula darah pada saat melebihi batas normal, yaitu diatas 200mg/dl, atau gula darah puasa diatas 126mg/dl, menurut Perkumpulan Endokrinologi Indonesia serta American Diabetes Association, hal semacam itu bisa mengakibatkan penyakit kencing manis atau diabetes. 

Demikian sebaliknya, apabila gula darah Anda kurang dari 70mg/dl, Anda bisa diserang hipoglikemia. Hipoglikemia berat punya potensi mengakibatkan kecelakaan, cedera, koma serta kematian. 

4. Indeks massa badan 
Tujuan : 18, 5-22, 9kg/m2 

Indeks massa badan (IMT), menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dapat dihitung dengan memakai rumus : berat tubuh (kg)/(tinggi tubuh (cm)/100) 2. IMT adalah langkah untuk mengontrol status gizi seorang. Berat tubuh kurang tingkatkan resiko penyakit infeksi, sedang berat tubuh berlebihan tingkatkan resiko penyakit degeneratif. 

5. Lingkar perut 
Tujuan : 80cm (wanita) ; 90cm (pria) 

Lingkar perut, menurut Heart and Stroke Foundation, tunjukkan level lemak perut, yang terkait dengan resiko kencing manis, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi serta penyakit jantung. (Beata A.)

Subscribe to receive free email updates: